alkisah

tadi pagi gw dari rumah bude gw di riung bandung…lalu gwberangkat ke arah dago nah tapi dengan mengantar seorang pegawai sebuah rumah makan padang di boromeus yang notabene pembantu bude gw..

dijalan dia cerita ngalor ngidul  tentang gimana seorang ibu yang berjuang keras untuk keluarganya…

dia musti kerja karena si bapak kurang bisa diandalkan..

sampe di jalan ngeliat poster si agum gumelar yang mencalonkhan diri sebagai walikota tao gubernur.. tau d

trus gw bilang ‘ mba lis punya KTP bandung?’

dijawab ‘ punya ko mas’

balesan ‘ ntar milih dunk’

‘ah engga mas,  ngapain percuma juga milih ga ada bedanya, kalo calon presiden sapa ya mas?’

‘kayanya sih wiranto, tapi ga tau d’

‘ah ga ada bedanya juga ga ada lapangan kerja buat rakyat kecil di kampung2 gt’

waduh ini sensitif neeh, tapi gw mencoba menjelaskhan

‘khan gaa segampang itu bikin lapangan kerja, klo yang masukk ga serius khan sama aja boong kalo cuma masuk kerja 2 minggu trus keluar’

‘iya mas makanya kebanyakan pada kerja di luar negri’

sampe akhirnya dia cerita

kalo di kampungnya ada ibu yang kerja sebagai TKW di luar negri trus suaminya di kampung jagain anaknya

tiap bulan si ibu ngirim uang buat kebutuhan anak gadisnya di kampung, hampir tiap 2 minggu sekali si ibu nelfon kekampung

trus udah hampir 4 taun lebih si ibu ini pulang ke kampung bawa oleh2 banyak dengan harapan liat anak gadisnya udah tumbuh besar n seneng liat ibunya pulang…

tapi tak dinyanya ternyata si anak udah meninggal 2 taun yang lalu.. orang kampung situ ga tega ngasih tau si ibu yang tengah bekerja di luar negri,betapa tidak adilnya.. anak tersebut meninggal karena penyakit yang butuh pengobatan ke rumah sakit yang cukup mahal.. sedangkan dengan uang yang diberi oleh ibunya setiap bulan ga cukup buat meng cover biaya pengobatan..sang bapak pun ketar ketir,pontang panting cari uang untuk biaya pengobatan namun tetap saja..

silahkan simpulkan sendiri.. terlalu tragis…

Advertisements

6 thoughts on “alkisah

  1. bikin lapangan pekerjaan asal ada duitnya gampang kali,gausa yang rumit2 aja mikirnya,asal bisa ngasi latian ketrampilan ke calon t.k aja udah bisa bikin tenaga kerja yang qualified kok,,
    trus kalo soal ibu yang ga dikasitau kalo anaknya udah meninggal,,hmmm…susah juga ya,,complicated banget,,temen gw yang nyokapnya udah belasan tau kerja di amrik aja,,gamau kl nyokapnya ke indo,,takut ga bisa ngelepasnya katanya,,sediiiiiiiiiih,,huhuhuhuhu…

  2. Geh, rajin kali ngapdet blog kow.. Kapan ke sungai lagi kita?? huehuehue..

    Wah, tragisnya.. Masalahnya TKW di Indonesia itu ga punya sertifikasi apapun sih, jadi mereka ga punya kekuatan bargain maupun hukum di sana. Nah, ada tuh semacam sertifikasi yang namanya PLRT (Penata Laksana Rumah Tangga).. Salah satu mata kuliah gw semester 4 kemaren ngundang Pak Cahyana Ahmadjayadi buat ngasih kuliah.. Beliau menjelaskan bahwa Depkominfo nyediain fasilitas semacam sertifikasi buat pekerja yg mo keluar negeri. Jadi mereka punya semacam standar yang otomatis ada kekuatan untuk bargain upah..

  3. klo gak ngasih tw anaknya dah meninggal menurut gw sedikit keterlaluan men… kasian jg kalee beliau d sana banting tulang nyari uang tp pas balik anaknya dah wafat.

    klo masalah pekerjaan makanya gw nanti ad rencana mw ngambil kuliah kewirausahaan, sapa tw aj nanti klo dah ad modal bs bwt pekerjaan (walopun gw mental worker bukan pemimpin) ;D

  4. kebenaran kadang sakit… tapi menganggap kebohongan sebagai suatu kebenaran: SELALU SAKIT!

    hhh… sebenernya gak tau mau bilang apa lagi… di indonesia terlalu banyak orang susah…biar gimana, gue selalu salut ma orang-orang yang di tengah kesusahannya tetep mau berjuang untuk bekerja.. contohnya ya ibu-ibu semacam si tkw itu.. beliau2 itulah yang seharusnya bisa kita jadiin contoh..

    pesan juga: inget dalam hidup jangan selalu konsen buat lihat ke atas, liat juga ke bawah. itu yg bikin kita belajar..

    trusss nulis k od!
    : )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s