turn 30 or 31??

2 januari 2017

time flyby

umur gw uda menginjak 31 taun dan kadang ga kerasa perut uda mulai buncit banget, olahraga ko males2an.. nasi padang serasa lifetime achievement klo bisa makan..

nyambung ke nasi padang, posting gw terakhir jg tentang nasi padang, jadi ceritanya gw pindah ke bogor after married, iya bogor kota ujan yg jarang ujan, sering nya macet plus banyak perbaikan jalan.. oh bima arya kadang oke bgt emang..

jadi klo lu semua tau pada saat keluar tol baranangsiang yg dari pintu tol ke lampu merah bisa abis lagu sealbum sendiri klo lagi weekend itu belok kanan ada resto padang TRIO, in which katanya sih enak.. merajuk lah gw ke bini minta diajak kesana.. hari itu senen sore plg kantor menaiki motor pak gojek yg sedang bekerja bertolak lah gw ke stasiun tebet, seperti biasa macet depan kokas gegara angkot plus bajaj plus bis plus feeder plus gojek plus grab plus uber plus opang plus tukang tahu bulat plus mamang2 somay mereka dengan idenya selalu dan always ga pernah never bernaung dibawah jalan layang sebelum kokas yg membuat 5 lane jalur terpaksa jadi cuma 3 lane.. tapi semangat bang gojek gw ga luntur doi dengan sabar mengantar gw ke tujuan, btw kadang abang gojek suka ide ngajak ngobrol walopun tau kanan kiri war wer wawr wer suaran knalpot, klakson, telolet jenius emg, tapi niat nya baik.. jd ya ” haa? apa pak? gmn?” yaudalah..

sampe stasiun tebet hari sudah sore dan kereta pun seperti biasa penuh dan sesak serta banyak bau2 harum semerbak matahari tanah abang kebawa sampe tebet..turun stasiun bogor disambut oleh gerimis2 romantis lalu gojek to the resque again supir motor pribadi hanya dengan sentuhan jari sudah standby siap mengantar plg..

sesampainya dirumah

“syg jadi kita ke trio?”

“jadi donk mas”

“okay letsgo”

“aku enaknya pake baju apa ya?” ,  pertanyaan yg retoris menurut gw pake aja baju pergi biasa org cuma mau ke warung padang.. ya emg niatnya ngerayain ultah tapi se mewah2nya restoran nasi padang kan ya nasi padang aja gituu.. ttp bini gw keukeuh pake baju bagus dengan payetan mewah nan berkilau (iya gw tau payet2an, iyaaaa)

okelah karena ini malam spesial gw iyain aja yg penting berangkat uda laper bgt gw, kalo isi otak bisa di ibaratkan papan tulis, itu uda full isinya tulisan rendang, paru, sambel ijo, sayur singkong, kentang balado, sayur nangka, nasi panas, ayam pop, tari piring, kelok ampek puluah ampek, you name it lah semua..

berangkatlah gw dan bini dengan harapan masi ada menu lengkap tersedia disana.. keluar tol baranangsiang

“mas kita mampir ambil tart dulu ya”

“weleh ga usa tart2an ntar jg kenyang”

“iya bntar aja” yaudaalah gw turutin, sampe di resto two stories yg mana gw pernah nganter bini gw reunian disitu gw tau ga jual kue tart boss..

“mas parkir aja mobil nya” lah kirain ambil doank.. ko pake parkir mobil..

okelah turun dari parkiran masi nunggu di depan pintu dan ternyata bini gw blg

“mas ini sebenernya surprise buat kamu” tertegun hati ini, selama ini gw blm pernah dapet surprise se kompleks ini, di iming2ngi nasi padang lalu di hasut ambil kue dan ternyata sudah ada set up table dan berhiaskan dekorasi kekinian, walopun ditulisnya ulang taun ke 30(mayan awet muda)..

I’ve been plain guy all over my whole life, dari 31 taun hidup di dunia ni, almost 25 taun gw disebut oddy tanpa ekspresi. hari ini di umur gw ke 31 istri gw dengan seluruh uang tabungan nya menyisihkan waktunya disela sibuk nya jadi dokter di rs ibu dan anak, I dont know what to say..

gw tau istri gw sibuknya melebihi org kantoran kerjaan dari administrasi bpjs pasien kutil pasien batuk pilek demam paru2 basah sakit jantung sampe sakit mental jg ada.. hampir setiap hari plg mukanya lesu capek ga pernah tega buat membebani dengan keluh kesah kantor gw, jadi kapan dia nyiapin acara kaya gini? hari itu detak jantung serasa melambat dan napas serasa sesak kaki serasa lemes,

acara di lantai 2 pas gw naik dari kejauhan ada senyum manis dari wanita istimewa ini..

IMG_0471.jpg

istriku jg men set up supaya papah mamah dtg dan saat itu gw makin lemes..

IMG_0294.jpgsepanjang acara masi ga percaya wanita ini yg mengatur semua dari mulai skenario penipuan berangkat ke trio sampe mamah papah dan semua keluarga dateng ke acara, blm sempet sink in ko udah mau beres aja acaranya..

img_0310img_0308img_0306img_0304img_0301img_0298IMG_0496.jpg

terimakasih yg tak terkira untuk istriku tercinta..

it is a better place when I’m with you…..

love sincerely

-masnya

 

 

 

Akhirnya kembali lagi.. 

akhirnya setelah bersihin debu, ngelapin sarang laba2, sama bersihin karat.

blog ini kembali hidup dari kubur.

post terakhir itu agustus 2013, sama agustus 2014.. hahah setaun sekali.

tapi apa yg terjadi selama itu akan gw kuak dalam pembahasan yg cukup dalam dan menohok serta membuat hati anda berbinar dan mata berdebar.

setaun belakangan banyak yg lebih sering main path dan ig daripada blog, tapi blog seharusnya tetap menjadi sarana curhat paling optimum karena bisa nulis panjang banget plus bisa pake narasi.

cukup pemanasan nya, Taun 2014 banyak bgt yg terjadi dan banyak juga yg susah diceritain di blog,, ciee curhat..

1 Pertanyaan buat renungan ramadhan 2015 ini, apa yg membentuk watak seseorang?

Dulu gw pernah bahas ttg “people dont change” bisa dicek disini

Menurut hipotesa sotoy gw, Kualitas seseorang ditentukan oleh lingkungan nya.. Waktu itu gw dines keluar dan perjalanan nya cukup lama, lebih dari 6 jam, kebetulan gw punya video mesakke bangsaku.. Video stand up comedynya pandji.. Gw setel lah tu, pandji disitu blg.. Bahwa klo sistem pendidikan di indonesia ini salah, karena sering di salahin makanya org takut berbuat bener, sadar ga sadar system bully di indonesia uda mengkhawatirkan… Siap yg di bully dan siapa yg mem bully?

Yg di bully adalah masyarakat, yg membully adalah lingkungan.. Ribet ye bahasanye, yauda gini pokonya.. Org punya pendapat boleh, dan mengemukakan nya pun boleh, ada contoh kasus seperti yg org timur kuliah di jogja dan nge jelek2in jogja.. Menurut gw sah2 aja dia berpendapat, salah nya dia tulis nya di media sosial, abis lah dia di bully lingkungan, toh yg komen setuju sama dia ada juga, kok ga ikut di bully??

Beranjak dewaasa, cailah dewasa.. Ibarat naik mobil, waktu muda kita ada di di perempatan, klo mau lurus tinggal liat kiri kanan, nah skarang uda berumur, kita ada di per17an ada 17 mata angin yg harus di cek sebelum jalan lurus kedepan… Tahap ngecek itu yg disebut tanggung jawab, karena kita ga mau jalan 2 meter tiba2 ditabrak tronton trus mati gitu aja..

Beberapa org percaya klo nasi padang adalah sumber kebahagiaan, dan gw salah satunya, ga nyambung kieu.. Bodo amit dah..

Sebenernya topiknya apa si ini?

Mohon maap uda lama ga nulis blog jd masi aga grogi nemuin mood nya..

Klo ada yg ntn man of steel yg 2013 yg versi bulu dadanya klewer2 karena kostumnya kelewat ketat, sama si zodd nya pake jenggot model ustad.. Nah disitu bapak nya clark pernah blg “people are afraid of what they dont understand”  yg artinya, coba dulu baru ngerti, tp tidak berlaku buat minum baygon ya.. Ya kureng lebih klo takut ya di pelajari sampe understand jadi uda ga takut lagi, belajar banyak sumber nya, google tau segalanya, yg membatasi antara tau dan ga tau cuma 1… NIAT..

Hahahaha kyanya serius amatan yak, yauda gw menceritakan sedikit aja ttg kisah hidup gw,

Jd dulu gw pernah berjanji pada waktu gw kuliah, klo gw kerja nanti gw pengen punya 2 hal:

  1. Corolla DX
  2. Iphone

Dan alhamdulillah uda mampu kebeli dua2 nya.. Postingan Ke70  yg gw bikin pertama kali taun 2008.. Trus iler gw masi netes terus ga brenti2, sampe akhirnya taun 2010 gw bikin lagi postingan corollaDX dan sampe akhirnya 3 taun dari postingan itu terkumpullah uang dari hasil meminjam dan dari hasil memeras darah dan juga keringat, dan dibelilah corolla DX 1981 codename: Bagas.

Percaya apa engga gw lebih sering buka kap mesin daripada bagasi ini mobil.. Hahaha dipake ngapel ke bogor setiap weekend sampe pernah overheat pulang kondangan brenti di pom bensin, dari putus lampu depan, dinamo stater mati, alternator rusak, kompresor jebluk, relay copot, elektrik fan mati, aki tekor, baut roda patah, sampe air radiator muncrat.. You name it lah.. Berbagai suka duka bersama,

Kondisi awal..


Kondisi skarang… 😎😎😎

Kata tukang las yg suka lewat depan rumah, “cakep ni buat malem mingguan di Bekate boss”

Mayan lah dipuji tukang las.. Hahaha

Belinya pun inden, iya bener inden.. Sama ketua DX club bandung.. Inden nya lumayan lama.. Sekitar 1-2 taun lah.. “Kang atulah jng di lepas ke org lain, ntar saya aja yg bayarin”

Dan akhirnya dilepas jg, sampe si akang ketua club dx bdg ini uda ganti mobil 4 kali, dan akhirnya balik lg beli DX merah lg, sampe skarang saya masi memegang teguh janji buat ngerawatnya kang.. 😎😎😎

Bagas ini bukan sembarang DX, dia di jejali dengan mesin yg cukup boros untuk ukuran bodi yg kecil,

7K 1.8 litre EFI

Niatnya sih pengen ganti 4A-GE 16v tp apa daya kantong tak cukup.. Jd buat skarang cukup pake ini dulu..

Klo punya mimpi, bermimpilah dengan detail, kelak pasti akan tercapai..

Sekian dulu postingan hari ini, semoga niat masi ada buat terus blogging..

Tetap sehat

Tetap semangat

Jangan suka gosok gigi pake oli samping,

Ga bagus buat mulut..
-Oddy A. Pranidhana

semua berawal dari niat, kalo ga shanggup ya shanggupin..

WARNING: post ini panjang, dan aga terlalu serius buat yg cuma blogwalking,klo emg niat baca di bookmark aja dulu nanti sempatkan kalau ada waktu senggang.

terima kasih perhatian nya,

-pranidhana

sembari mendengarkan lagu frank sinatra,

saya yakin post ini akan sangat dalam ,sedalam portal kaiju di bawah laut pasifik.

ga berapa lama ini banyak saya menemui berbagai tipe orang yang sesungguh nya sangat capable untuk meraih sesuatu namun di batasi oleh pikiran nya sendiri, kalo kata teman saya Bayu “confined brain”

“ah gw kan cuma ini ga kaya lo yg gini”

“apalah gw ni mana ada bisa gw bikin kaya gitu”

“yah gw mana bisa kan gw cuma lulusan sekolah ini”

itu cuma sebagian aja dari banyak orang yang menjudge diri nya sendiri, bukan orang lain yg menilai tapi dirinya sendiri.

dulu gw ga percaya dengan hal2 yg berbau semangat, berusaha lebih baik, bekerja lebih keras, ambil setiap kesempatan.

apalah itu, semua tu uda ada jalan nya.

tapi ternyata namanya idup pasti belajar dari yg lalu2 kalo ga belajar ya mungkin belum sadar..

kata2 semangat itu muncul dari diri sendiri, self motivation untuk menggapai sesuatu.

sedikit tentang kisah idup gw yang mana gw sangat amat bersyukur sampai sekarang, kalo kata mbak ninik “no such thing as coincidence” ga ada yg namanya kebetulan dalam idup, semua itu udah diatur sama yg diatas.

berangkat dari kuliah di bandung dengan segala keterbatasan gw, males2an kuliah.. belajar seadanya ngulang matakuliah terus, sampe ngulang statistika dasar 3 kali dan akhirnya mau ngulang yg ke 4 pas banget kurikulum baru trus ditiadakan, alhamdulillah banget.

gw ga pernah ngebayangin bisa dapet yg lebih baik dari sekarang,

dulu pas selesai kuliah pesimis sekali mau kerja apa cuma punya IPK yg dibawah rata-rata, ga punya sertifikasi keahlian apapun, super terpuruk.

tapi semua itu berawal dari sebuah niat.. kalo ga shanggup ya shanggupin..

niat yag tulus dari dalam hati, kemauan yg besar sebesar jaeger, seperti film animasi green lantern power nya dia dicincin ijo yg lebih mirip cincin nya tessy daripada cincin kekuatan itu, powernya berasal dari power of will “kemaluan” eh maap “kemauan”

pertama dapet kerja, dulu di sebuah PT yg lebih mirip sekolah tinggi kesabaran daripada kantor, karena disinilah gw di beri sks demi sks belajar tentang bagaimana menghargai idup… Pertama ditawarin “mau kerja magang ga?” langsung ane jawab “mau” gaji nya cuma 1 juta perak satu bulan yang mana harus cukup untuk satu bulan hidup di jakarta, but if there’s a will there’s a way (cembetul daritadi sok2 inggris hahaha)

dulu rumah gw di tambun setiap hari ke kantor naik bis non ac 3000 perak berdesak2an dan bau keringet, kalo sampe kantor mampir kamar mandi cuci muka di lap pake tisu item tu tisu.. bekerak bener muke..

tapi semua dijalanin karena gw mau kerja, mau dulu hasil bagus ato jelek blakangan.

dateng jam 8 pagi pulang jam 9 malem, besok nya gitu lagi gitu lagi gitu lagi.

bertahan hampir 3 bulan dengan gaji 1 juta perak dan jam kantor yang tak tentu adanya tanpa ada uang lembur akhirnya saya diangkat menjadi pegawai kontrak di PT yg lebih mirip sekolah tinggi kesabaran daripada kantor tsb.

“besok lo gantiin orang ya di VICO” assigment pertama langsung gantiin senior di VICO

“tugasnya ngapain mas?”

“ya lo klo ada request dikerjain”

matilah hari pertama kerja sebagai pegawai kontrak suru onsite di client besar gimana ga cenat cenut.

tapi ga ada kata tidak “oke mas siap” bermodalkan tekad dan kemauan keras untuk belajar.

keesokan hari sampe sana berharap ga ada request, eternyata tak dinyanya tak disangka tak diduga

bujret “mas tolong di list ya 2D seismic line yg diluar boundary ini-ini-ini”

kriik kriik kriiiikk..

apaaaaa iniiiihhhhh?!?! matilaaah awaaa…

dengan ke sotoy-an yang bisa dibilang cukup tinggi alhamdulillah bereslah itu request.

hari demi hari berlalu sampai akhirnya saya di panggil ke ruangan bos

“dy bulan depan lo gantiin orang ya di pertamina EP, lu stay disana sesuai kontrak kita ma pertamina”

“oke mas” pdhal ga tau kerjanya apa yg penting brengs aja dulu.

pengetahuan software = nol besar

sampe even gw nanya ke user tentang cara make software, segitu gw ga tau malu mo belajar..

gaji gw dulu pas kontrak nowhere near 3.5 juta perak, tapi jauh lebih bersyukur daripada jaman magang, hahaha

ya ga nyampe 3 juta gimana mau nabung beli rumah beli kendaraan?

tapi sekali lagi semua berawal dari niat kalo ga shanggup ya shanggupin…

di niatin akhirnya nyicil motor matic keluaran baru waktu itu, ambil cicilan yang 13 bulan cicilan nya 1,7 juta perbulan sedangkan gaji gw ga sampe 3 juta.. bahaha ini ma sama aja gw balik jaman magang.

saat temen2 uda punya barang2 baru dan gadget2 terkini gw masi mikirin cicilan motor, kapaan lunas nya…

tapi tu motor walopun belum lunas jasanya tiada tara, mengantar kesana kemari menemani ujan2an menerjang panas dan banjir tambun – standard chartered setiap hari.

sampe akhirnya setaun sebulan lunas juga tu motor.

akhirnya di titik balik karir dan kehidupan gw, taun kedua di PT yg lebih mirip sekolah tinggi kesabaran daripada kantor ini gw tau gw ga bisa begini terus, lalu desember 2011 gw memutuskan untuk ber wirausaha bersama temen2 gw..

awalnya gw dan 3 orang temen gw yg lain ingin membuat suatu usaha jasa yang premium entry, yg ratenya hanya bisa di tebus oleh kalangan menegah ke atas, memang tujuan kami muluk2 dan ambisi kami tinggi, sembari kerja kantoran jam 7 sampai 5 sore, gw mengorbankan waktu gw buat brainstorming bersama teman2..

pulang kantor disempatkan beradu argumen bertukar pikiran menggodok sesuatu yg bisa kita jual ke publik, tak jarang jam 12 malam terlewati tak jarang pula itu terjadi di hari kerja, alhasil begadang pun dijabanin, 2 kali seminggu masi oke, tiga kali seminggu lalu ga lama nyerah juga badan gw.. sakit pun tak ter elakkan.

dan akhirnya kita putuskan untuk bikin sebuah portofolio, yg kurang lebih dananya hampir menyentuh angka fantastis sekian belas juta.. yg mana saat itu gaji gw 5 juta aja ga ada..

tapi semua berawal dari niat, klo ga shanggup ya shanggupin… emang dasarnya gw ga banyak pikir, asal ada kesempatan hableh aja.. akhirnya gaji 1 bulan abis buat patungan bikin portofolio, trus gimana gw idup? ngantor dkk?

ada yg namanya sistim utang broo.. hahaha

portofolio akhirnya dibuat di daerah sawarna..

setelah jadi kami ber 4 coba jalanin beberapa proyek ternyata ditengah jalan kami ga cocok sama salah satu partner kami, dan setelah melalui cek cok panjang penuh derita dan menguras emosi.. beneran menguras emosi.. diputuskan kami berhentikan dia.. tapi bagaimana dengan hasil portofolio yg udah kita kerjain bareng? masalah demi masalah dateng.. ga jarang juga gw begadang demi cari solusi buat itu..

ga jarang dikantor sering di becandain “dy lo abis nonton wayang ye.. muka lesu amat” tapi namanya dunia kerja, apapun alesan nya tetep harus masuk sesuai jam kantor.. yg mana kantor pertamina tmpat gw onsite masuk jam 7 pagi.. nasiiibb..

gw percaya semua pasti ada hasil nya, sampe akhirnya suatu hari salah satu partner gw ngajak ketemuan buat ngebahas step selanjutnya buat ngembangin ini usaha..

yaa bikin PT (as in Perseroan Terbatas) dengan modal yang ga sedikit..

setelah melalui diskusi panjang.. literally panjang.. akhirnya ditentukanlah sekian juta rupiah harus dikucurkan untuk membangun PT ini..

putar otak, gimana dapet duit sebanyak itu.. bisa utang tapi utang ke siapa??

saat itu gw ga punya option karena 2 partner gw resign untuk mengurus bisnis ini.. dan gw klo resign bisa di bakar idup2 di tebas pake kapak naga geni ama bokap.. tapi kompensasinya kalo ga bisa resign ya investasi harus lebih banyak karena gw ga kerja langsung, modyarrr aselik..

sampai akhirnya gw menyanggupi dengan syarat di cicil setaun, ya modal nya gw cicil setaun..

yg mana perbulan nya lebih dari gaji gw saat itu.. bulan pertama gw bayar dengan utang yg gw tau pasti ga sanggup gw bayar..

tapi memang rezeki ga kemana 2 minggu sebelum bulan kedua gw dapet panggilan di kantor yg sekarang jadi tempat gw bernaung.. dengan gaji yg alhamdulillah mampu menutupi cicilan itu.. walopun sisanya dibilang cukup buat idup..

hampir setahun berlalu cita2 kami yg muluk2 dan visi kami yg bisa dibilang nekat berbuah hasil..

sudah beberapa vendor ternama kami shikat dengan jasa kami..

sebut saja

L’oreal, Telkomsel, Abbott Labolatories, Damn I love Indonesia, Sherina, konser Pandji pun kami yg tangani, bahkan vendor malaysia pun berlabuh menggunakan jasa kami..

tak lama setelah beberapa project akhirnya kami mampu untuk merekrut seorang profesional untuk menambah daya dobrak kami di kancah bisnis ini kedepan nya dan mendapat kesempatan untuk memiliki kantor kami sendiri di bilangan jalan fatmawati, walaupun terbilang masi nebeng dengan kantor lain tetapi kami cukup bangga… ini adalah buah hasil jerih payah kami…

kami mulai ini semua dari angka nol

tidak ada campur tangan softloan modal orang tua sedikitpun..

PT. Candra Cita Lestari

photo

http://yelocreative.com

semua berawal dari niat, kalo ga shanggup ya shanggupin…

Rezeki manusia sudah ada yg atur, kita hanya perlu berusaha untuk mendapatkan nya..

kalo niat buat usaha aja ga ada gimana mau di turunin rezeki nya..

jangan batasi apa yang bisa lo lakuin dengan doktrin2 diri sendiri, jangan batasin apa yg bisa lo pelajari di dalam idup lo..

jangan pernah bilang gw ga bisa kecuali lo disuruh makan kepala sendiri..

tetap sehat

tetap semangat

jangan pacaran di bulan,

kesananya mahal…

salam,

Oddy A. Pranidhana

Reducing Uncertainty

witing tresno jalaran soko kulino, this phrase has been proven for decade…

its high school all over again, new encounter, awkward moment, keeping the frequent chat every day, hoping to open with each other.. just don’t take the hope to high

Something Worth the wait,

reducing uncertainty always perform in many ways, such as doctor, medical term of reducing uncertainty is called diagnose, why they have MRI or Xray and any other sophisticated tool, is to help them reduce uncertainty so they will only treat patient as the illness they had, not giving the wrong prescription or medicine.

so does Geophysicist why we use big pile of dynamite for seismic or paying such great amount of dollar to use software? so we can diagnose beneath the earth reducing the uncertainty so they don’t drill in the wrong place.

people develop certain defence mechanism for reducing uncertainty, so when they meet someone they will be filled with question, does he came from a good family? does he have a good educational background? or does he smoke? does he drink alcohol? or else.. when it already passes, then come in the conversation..does he good enough? or does he selfish? does he polite?

the 2nd phase is the parent reducing uncertainty method.

this is the hard one, the agonizing method, when the person has already slide through our defence then it must be meeting with the parent, in any other way is really breathtaking, either you pass through or bump into something, in javanese culture we have what we called “bibit bebet bobot” its all about reducing uncertainty. they usually ask where do you study? what discipline are you taking? where do you work now? is it outsource or permanent employment? thats not it, it will continue with some question about the parents also.. how’s your dad? where did he work? or how many sibling do I have? and else.. but its not the end, you still have to comply with attending the family event or running some errand that the parent ask.

thats why indian people have the matchmaking tradition, so they will cut through the reducing uncertainty method. because the parent already knew each other.

but despite all that, people wherever they lived whoever they are whatever they do, they always have these reducing uncertainty method. it always down to the family, if it not goes well with the family, then go find someone else.

Regards,

Oddy A. Pranidhana

self motivation…

sangat terasa umur blog ini sudah mencapai 5 tahun, sebenernya ulang taun nya tanggal 8 kemaren tapi karena gw emg ga pernah ngerayain taun2 sebelum nya jadi ya gpp lah ya namanya lupa…

dulu pertama buat blog ini ceritanya cuma pengen jadi tempat sampah buat semua pikiran2 gila gw dan keluhan2 gw, sebelum muncul yg namanya twitter dan sampe twitter mulai ditinggalkan oleh path gw masi setia dengan blog karena isi kepala gw ga bisa dibatasin cuma 140 karakter.

seiring dengan bertambahnya umur blog ini maka itu pula fungsi blog ini banyak berubah dari yang nulis2 asal jadi posting foto2 (pas lagi hobby bgt moto) sampe akhirnya nulis soal travelling juga, dan yang paling inti tetep curhat…

jadi intinya ape dy yg mau lo tulis sekarang?

sabar2 gw juga lagi mikir.. hahaha

.

.

so the point is ini bakal jadi diary online kelak ntar anak gw bisa baca gmn masa muda bapak nya, anak2 jaman sekarang mana tau bapak nya ngapain aja dulu waktu muda *semoga wordpress ga bangkrut sampe anak gw bisa baca ntar* , taunya bapaknya udah tajir aja bisa kasi duit anak…

malem ini gw baru selesai ngobrol sama temen ketemu gede, hahaha

pembahasan nya mengenai bokap2, secara gw ma dia kenal nya karena bokap kita berteman…

okay its hard to admit, but imagine if you have a father that super skill and have good occupation in certain big company in this country.

sama kaya dulu gw pernah posting taun 2009 mengenai nama besar ITB dan efek terhadap mahasiswanya (jaman2 masi semangat membara tiada tara sebagai mahasiswa)

klik ini buat liat postingan gw taun 2009 itu…

lebih lagi kalo lo anak pertama, bokap lo bakal punya efek intimidasi yang super karena as the heir of the family you have to live up the expectation.

expectasi bukan hanya datang dari orang tua tapi dateng dari lingkungan sekitar yg bakal nanya ke bokap ato nyokap lo

“wah anak lo skarang uda kerja dmn?”

“anak lo skarang udah jadi apa?”

kita dulu pernah dijejali oleh kata2 intimidasi yang mungkin sering lo denger waktu kecil “kamu harus lebih hebat dari papah” ibarat film inception ini uda dream level 3 uda menanamkan ide, doktrin.

yg jadi garis bawah gw bukan burden nya tapi effort nya..

klo kata mario teguh

“biarkanlah uang bekerja untuk anda jng anda yg bekerja untuk uang”

halah ngemeng aje lo ude tajir bisa ngomong gitu.. tapii yg kita ga tau proses dia menuju tajir itu kya apa, ga yang dia dari SD trus udah ngasi motivasi juga kan

“ayo temen2 semangat sekolah semangat menggapai impian kerjain tu pr matematika”

kan enggaakk….

.

.

.

nah proses ini yg jadi blackbox kehidupan bokap2 kita sampe mereka jadi seperti sekarang, gw mau coba fair sama anak gw kelak, makanya gw terusin tulis blog ini walopun kadang 3 bulan sekali baru posting.

Nak blog ini papa buat biar kamu tau klo perjuangan jadi sukses itu ga gampang dan kamu ngerti kenapa papa selalu kasi nasehat dan petuah.. itu semua ya biar kamu sukses “jadi anak yg lebih hebat dari papa”

.

.

.

so kesuksesan para bokap itu pasti ada kerja keras di belakang nya, entah yg pulang malem ato begadang ato apalah, sampe skarang mereka sukses.

yg jadi motivasi kita (gw terutama) adalah how to get there even faster than my dad did….

Gw gak mau cuma jadi “si oddy anak pak ini yg punya jabatan di perusahaan ini”
I want people know me as what I’ve done and what I am..

jangan jadi anak manja yang apa2 harus disuapin,

jadi anak yg mandiri bisa ngebanggain dan dibanggain orang tua…

self motivation itu penting bgt tapi ada saat nya kita lagi down dan ga bisa motivate, jadi makanya gw tulis di blog biar bisa dibaca klo2 lagi desperate.

.

.

tetap semangat

tetap berusaha

we get there eventually……

salam,

Oddy A. Pranidhana

Hello Rumbai

Kids, by the end of 2012 your dad was transfered to slightly remote place called, Rumbai.. Notably 9 km from pekanbaru..

I told you about pak allen earlier in my post, so here’s how the story begin…

In september 2012 I’m struggling for my resign from my previous office, and finally got my resignation by end of september. I join the new office as new recruit by october then flown over to pekanbaru.. The first person I met was pak Allen, yap he’s my driver..

20130114-103701.jpg
Its company rule that in rumbai and pekanbaru I was forbid to drive car by myself.. So thats the story how I met him, everyday picking me up for work, driving me back home and else..

But kids, I notice how small rumbai and pekanbaru so I decided to buy a bicycle.. Then give it a try for my 1st run

20130114-094045.jpg

Rumbai and pekanbaru is seperated by a large river, said to be the deepest river in Indonesia.. Even a ferry could come..

20130114-094232.jpg

The rest was just a view picture i take in rumbai, so kids.. I’ll take you to rumbai sometimes..

20130114-094440.jpg

20130114-094549.jpg

20130114-103322.jpg

20130114-103409.jpg

20130114-103453.jpg

kids these day

it’s a long story and no picture attach so if you’re bored just close this tab.

lately I’ve been talking to older guy all the time it’s like I’m swallowed in future vortex,
so yeaa my new career want me transferred from my base town to a slightly remote area in Rumbai Pekanbaru, working with the upmost skilled person in chevron company to assist them in finding fossil fuel throughout the Sumatra Basin
the word skilled means years of experience also mean they are older, in terms of knowledge I must bust my ass just to understand what they mean.
also sometimes they ask “what year are you graduate?” , “where do you study?”,
“how long have you been using this software?”, “are you geologist or Geophysicist?” dudeee I know I’m young (compare to those guys) and cute but don’t underestimated me like that.. hahaha

okay enough for the story, the bottom line is they talked about picking up their child afterschool, or having lunch time at home.
just how they taught their child.

remind me of kids these days back in Jkt, where they’re bragging how fancy his car was, bragging about his new phone, or bragging about traveling abroad. but not with their own money!
yea I know your dad super rich and famous but please don’t make fool of yourself.

I once wrote
“DONT BLAME YOUR PARENT FOR GIVING SUCH WEALTH, BLAME YOURSELF FOR WASTING IT”

The wealth just giving this world a spoiled generation, they have everything while they’re lack of tolerance, cant even socialize with other people, dont have manner, and they all bossy. Trust me you would punch them in the face, throw tomatos at that punched face, then hit them with golf stick..

it giving me teary eyes when I told story about once a kid back in school year doesn’t have that many resources in his life but he struggle then got success in present day, sometimes the strongest will of power is not self motivate.
it was your neighborhood, your surroundings, your environment.

how freakin poor you are if you’re hangin out with socialite then you would do anything just to dress like them or go out to fancy place like them, even change your name just to be acknowledge by your fancy friend, this just absolute pathetic.

on the contrary, you rich spoiled kids were put into slum then learn how to eat on the side of waste disposal, or how to do your own laundry at riverside, even sleep on the floor.

you will adapt, not change. because people don’t change. The nature of human being, they’re adapting.

Just throw yourself into what kind of any situation you DONT belong to, or you DONT want to, or you DONT even like, you will adapt..
That applies for more over billion years, from neanderthal to homo sapien.

Its not change or die
Its Adapt or die.

I might have sound like your dad yelling at you, telling story that you don’t even understand, giving example that you even won’t give a damn.

yeaa once again this is my blog, I’ll write what I want to write… hahahha

Regards,
Oddy A. Pranidhana

Ketika warung kopi lebih mahal dari fine dining

Ketika itu hari jumat 9 november 2012,

Gw berada di main office jakarta untuk menyelesaikan pendidikan digital a.k.a training online yg dimana kalo ga lulus dalam 3 bulan gw bakal di pecat, macam betooll..
Metodanya ialah melihat video lalu nanti ada kuis di akhir sesi, video nya naujubilah panjang dan diselingi dengan exercise..
Ada untung nya menjadi mahasiswa malas,
We develop a certain skill..
We endorse our brain to the fullest..
We proud to say “we’re deadliner but fast learner”
Jadi trening online ada berapa belas modul yg mana harusnya diselesaikan dalam maksimal 3-4 hari..
I done 8 and a half modul in 1 day.. Comply 100% tentu nya.. Hahaha
Di sela2 mengerjakan training itu ada kalanya bosan, melihat ke jendela kantor di luar macet dan gerimis dan menjenuhkan..

20121112-080748.jpg

Di belakang gedung BRI 2 tepat di pintu keluar motor ada sebuah warung kopi di pojokan, hanya kios kecil nan sederhana, sebuah meja triplek dan 2 bangku kayu reot dan kursi dari krat botol yg usang mengisi sudut trotoar itu..
di punggawai oleh si “babeh” dan pegawai nya yg bernama Frank (literally frank panggilan nya) dia banyak berteman dengan foreigners dan pegawai2 yg penat dengan pekerjaan, sesekali di jam kantor turun untuk sekedar minum kopi atau ngobrol2..

Flashback ketika itu gw di manggar, belitung disana terkenal dengan 1001 warung kopi.. Dimana setiap jam pulang kantor warung itu penuh dan riuh dengan obrolan2 mulai dari keluarga, politik, luar negri bahkan obrolan kacangan pun ada..

Kembali ke BRI 2, gw ama bayu ngobrol tentang sesuatu yg pelik dan significantly conflicting our life, ya betul.. Wanita.. Kaum hawa..
Mereka tak pernah jenuh memainkan otak kami para pria.. We can never argue or even predict what they want..
.
Pembicaraan berlangsung keras antara gw dan bayu untuk mengemukakan satu teori baku untuk para pria masa kini..
Ditemani dengan secangkir abc susu dan kapal api..

20121112-083745.jpg
Dan akhirnya kami menyimpulkan bahwa Ketika beranjak dewasa, wanita dengan kategory usia yang sudah lampu kuning kelap kelip ala ultraman,mereka ga butuh pedekate menye2 tarik ulur atau another implisit move.. Pokonya potong kepiting nya lah ( cut the crab) eh sorry, maksudnya cut the crap.. Mau apa engga?
Tetapi not that easy for us to do those kind of thing..
.
Kita juga butuh feedback dari kalian kaum hawa, gmn kita bisa yakin untuk blg mau apa engga klo parameter ente suka apa engga aja ga jelas.. Undefined parameters.
.
Undefined parameters ini dipengaruhi berbagai hal, yg paling utama itu adalah ya klo emg ga suka ya ga suka aja si, klo kitanya membosankan, kaku, sebodo, tolol, dkk mana ada jg cewe yg mau..
.
Cewe modern mikirin masa depan ga si? Dimana dia harus punya check list parameter si cowo ini kerja apa engga, kerjanya apa, org tuanya gmn, dan sederet parameter yg harus mereka checklist untuk memenuhi kriteria..
Nah kalo semua udah lewat, apalg yg dipikirin ama si cewe?
her own past ya betul masa lalu yg kelam, traumatis akut dan menorehkan luka sayat tajam yang susah hilang.. Yg klo sekarang org bilang ga bisa move-on.. Apalah itu..
Whatever the reason,
its our duty..
your future guy..
to be able to convince and understand you whatever you are..
.
All we need just is just your trust.. Put some believe in us..
.
.
.
.
Pemikiran sederhana di warung kopi berharga sebotol wine di restoran fine dining bersamamu.

-fin-

the desk

mau cerita sedikit tentang kehidupan kantor.. boleh yaa.. ya boleh aja wong blog2 sendiri..

entah ini blog bertahan berapa lama entah sampai kapan.. tapi klo ntar suatu saat ditanya anak lo kan bisa buka diary online.. ni lho papah dari jaman ke jaman..

eaaa ngelantur jauh banget ampe punya anak..

oke jadi ya meja kerja gw dipindah menuju tempat baru dikarenakan satu dan lain hal.. meja yang sekarang lebih private dan lumayan banyak space buat naro barang..hahaha

mari kita liat penampakan nya.. woke mari diperjelas mengapa ada 4 monitor disitu.. hahah jadi di tempat baru ini disediakan 1 buah mesin workstation dan 1 buah mesin non workstation..

hahaha

ya gitulah pokonnya… di meja kerja lama satu ruangan ada 5 orang termasuk gw, jadi klo bosen bisa ngajak ngobrol yg lain.. klo disini.. maak ngajak ngobrol botol minum..

sebener nya ada banyak kejadian lain di kantor tapi kayanya belum niat buat share..hahaha

share ini aja,, foto selonjoran di karpet kantor..

more coming my workday photo.. hahaha

just dont be bored..

salam,

Oddy A Pranidhana

We compliment them..

Masih soal wanita…

Instead of mocking them, let just say I write compliment for them..

I quote my own tweet
“its remakrable how women can tell story inch by inch without losing any detail”

Ya mereka memang jinius, otak mereka dijejali program reka ulang kejadian dengan sebegitu detail.. It like built in CSI miami workflow in there..

Suatu hari di pantry kantor,, ada beberapa karyawan wanita sedang bercengkrama di meja, mereka ngobrol ftv, dan diceritainlah itu ftv ama satu cewe.. Dari awal sampe akhir tanpa jeda berpikir ato lupa, dan dengan gesture tubuh yang meyakinkan.. Tiada keraguan di dalam nya..
.
Analisis ane sebagai pria, itu kan ftv ya.. Dn ditayangin di tv dan pasti ada jeda iklan ada kebelet pipis lah, ada ngecek twitter di sela2 nonton, ada ganti channel pula.. Tapi bisa diceritain ulang dengan runut.. Maknyooss memank..
.
.
Itu baru satu,
Ada lagi kehebatan lain nya..
Mereka multitasking.. Ya betul bisa nyetrika sambil nonton sinetron dan sinetron yg ditonton bisa diceritain ulang dengan detil tanpa ada baju yang gosong ato bagian baju yang kusut karena tidak di setrika..
Mereka bisa masak sambil nelpon yang dimana ngerumpi berjam2 tanpa mengurangi atau melebihkan kadar garam, gula, cabe, bawang putih, daun salam, dan lain-lain di masakan yang mereka buat..
Yang baru2 ini mencengangkan gw adalah, mereka bisa dandan sambil nyetir.. Itu ruarr biaso.. Make bedak, make eyeliner, nge roll rambut, make pensil alis, lipstik dan sebagainya tanpa nabrak motor yang kalo pagi semena2 di jalan raya.. Dan sampe tujuan dengan selamat serta full make up…
.
.
Mungkin sebelum nya uda ada yang pernah baca “why men wont listen and women cant read maps”
Itu menjelaskan kenapa wanita dan pria begitu berbeza.

yang membuat mereka mengerti satu sama lain adalah tingkat toleransi yang tinggi dan kepercayaan..

Sekian dan terima kasih
.
.
Salam

Oddy A Pranidhana