Travel Tasikmalaya

Menyambung post dari masbro bayu

Berawal dari sebuah email tentang berita bahagia akan teman seperjuangan, di masa paling mengenaskan masa2 kuliah akan meng akhiri masa lakang nya maka.. Kami gw, edwin, bayu, dan ei sebagai kawan yg baik akan menghadiri pernikahan dia…

Di

Tasikmalaya…………

Ya memang benar di tasik, pagi sebelum keberangkatan ada debat yg mana bukan debat tp bisa diitung sebagai sebuah perdebatan ttg kapan kita brengket ke tasik.. Akhirnya diputuskan jam 2 pagi dari jkt menuju tasik…
2 jam perjalanan jkt-bdg dilanjut dengan sekitar 2.5 jam perjalanan menuju tasik..
Sampai akhirnya bertemu dengan angkot khas tasik
20130609-194702.jpg

berhenti di peristirahatan pertama, dimana mereka menyajikan makanan yg sungguh unik jika dijadikan sebagai sarapan..
20130609-192240.jpg
Penasaran apa itu.. Itu adalah buntut dalem plastik yg direbus pake kaldu..
Cara pemasakan yg aneh tp menghasilkan citarasa layaknya para chef hotel internasional
20130609-192600.jpg
Kenikmatan makan sop buntut di pagi hari stelah perjalanan panjang, memang priceless ditambah dengan menonton video youtube ttg tahu sumedang yg venomenal sebagai teman sarapan..
Lokasi sarapan kami sekitar 4km sebelum gerbang gapura masuk tasik 20130609-193950.jpg

Sila mampir jikalau ke tasik..

Setelah sarapan dan meng geje selama beberapa waktu akhirnya kami sampai di tempat pernikahan imam..
Sempat kami meng geje di depan hotel tmpt perayaan..

20130609-195727.jpg
Masuk ke tmpt pernikahan.. “Men mana si imam?” Tampak pelaminan masi kosong isinya anak2 bocah makan somay diatas sana..
Trnyata kita kepagian.. Hahaha jam 10 tamu mulai berdatangan.. Dan imam beserta istrinya yg cantik pun menyeruak
“bray istrinya imam cantik bangett”
“Anak pak kades kali”
“Tebak beda berapa taun?”
Gw bayu edwin dan ei bertanya2..
Baiklah kita memutuskan untuk menanyakan di atas pelaminan..
Alih2 bisik2 ke imam.. Si bayu
“mam beda berapa taun?”
Tanpa tedeng aling2.. Wahahaha
Imam pun planga plongo
“Emg knapa gitu?”
-____-
Sambil menunjuk-nunjuk 3 jari.. Hooo mantaap
Seperti layaknya nikahan dimane2 yee.. Suka ada video testimoni..
Datanglah si cameramen:
“temen2 deketnya imam banget yaa ini..”
Kita:
“Mmmm biasa aja si mas ga deket2 bgt”
Cameramen:
“Ooo tapi pasti uda kaya keluarga ya, soalnya yg diundang kesini cuma keluarga aja”
Kita: heninggg………. Krik….krik…krik…..

Apa2n si mamen ga blg2 klo keluarga doank… Emailnya ditaro di milis..
-____-
Selesai nyelametin imam.. Kita kembali ke jkt dengan menempuh perjalanan puanjang soalnya si edwin lanjut ke banjar…
Dimulai dengan naik bis budiman bdg-tasik seharga 25rb rupiah saja dengan ac pula.. Tapi 3 jam perjalanan… Setelah itu ternyata berenti di terminal caheum dilanjut damri dari caheum ke leuwi panjang seharga 2ribu perak aje.. Ampe leuwipanjang ei pulang dijemput trus bengong cem anak ilang bedua bayu..
“Bay balik naek ape kita?”
“Ini bis banyak lho ya”
Di pirit hiji2 dari ujung ke ujung manaa yg ke bekasi..
Akhirnya naik bis patrajasa 35rb saja sampe bekaseeh.. Mangstap..
Sesampainya di bekaseh timur ngojek kerumah jarak 1/20 ke tasik tp harga samak.. Maknyos emg bayar ojek..

Bener2 roadtrip pulang dari tasik..

Advertisements

Travel magelang-yogyakarta

Wouw yeahh.. Kembali lagi bersama saya untuk ulasan singkat makan enak dan jalan2 nikmat ke daerah jogja dan magelang..

Berawal dari liburan panjang jumat sabtu minggu maka gw memutuskan untuk “Pulang ke kotamu, ada setangkup haru dalam rindu
Masih seperti dulu
Tiap sudut menyapaku bersahabat penuh selaksa makna” ni kalo #AnakLama pasti tau.. Hahaha ketauan jadulnya..

Iyaa ini adalah kota yg bersahabat kota yang hangat (agak panas si, literally) kota dimana budaya dijunjung tinggi sebagai warisan nenek moyang, kota yg di istimewakan, kota dimana saya dilahirkan..

YOGYAKARTA

Dengan segala kenangan nya dan segala eksotisme budaya nya…

Sebelum kita bicara ttg yogyakarta ada satu kota satelite terletak kurang lebih 50km di arah barat laut kota yogyakarta dimana terletak warisan budaya dunia salah satu dari keajaiban dunia, Candi borobudur yg megah… Ya kota
Magelang,
Dikenal sebagai kota tentara dimana banyak sekali plat mobil ada stiker warna warni merah ijo bintang2 dan baju loreng2 sliweran di tengah kota..
Kota ini menyimpan kuliner yang menakjubkan.. Apa aja kuliner nya? Mari Kita bahas,
Ditemani 2 teman saya mbak ninik dan mbak widya kita bertiga menjelajah kota magelang untuk akhirnya berhenti di sebuah kedai makan yg terletak di jalan antar kota magelang-jogja bernama kedai makan
Panjiwo
“Saya mau yg paling enak” bwhahahaha

Datanglah seporsi bebek goreng, yg mana seperti layaknya semua bebek bentuknya sama namun yg spesial dari bebek ini adalah sambalnya..
20130407-100427.jpg
Rasa bebeknya yg gurih dan sambal nya yang masih berbentuk cabe sukses membuat saya menitikkan air keringat.. Maknyus gaan..
Nikmat sekaleeh, eh salah.. Nikmat nya berkaleh2… Hahahahha
Menakjubkan…

Selesai bersantap siang kami bertiga melanjutkan perjalanan menuju salah satu warisan budaya terbesar indonesia yaitu candi megah borobudur..
Sampai di borobudur cuaca sedikit hujan, lalu menaikilah kami semacam transportasi darat yg bernama kereta wisata yg mana adalah mobil gandeng.. Dengan biaya yg cukup terjangkau
20130407-101828.jpg
Diantarlah kami menuju muka gerbang candi borobudur, bagi yg sudah lama tidak ke borobudur sekarang di dalam area candi sudah sangat bagus bersih dan teratur bahkan ada mas2 medhok yg siap menegur kita kalu mau menaiki stupa ato melakukan hal2 aneh di area candi..
20130407-102752.jpg
Cuaca semakin deras memaksa kami untuk tidak bisa berlama2 diatas candi..
Ini adalah Beberapa hasil foto yg didapat..
20130407-103033.jpg
20130407-103458.jpg
Perjalanan belum usai, kelaparan melanda kami dikarenakan menaiki tangga borbudur cukup menguras energi,maka kami memutuskan untuk singgah di fiore getuk bollen.. Apa itu getuk bollen, dia adalah getuk.. Yaiyalayaaa..
“Geetuk asale soko teloo” #AnakJawaLama pasti tau ni lagu.. Hahaha
Tapi apa yg menarik adalah getuk ini di buat berbagai rasa, ada srikaya, vanilla, coklat, pisang, keju, dan banyak lagi.. Dikemas dalam bungkusan menarik.. Sayang saya tidak sempat mengabadikan nya.. Mungkin next time..
Seusai membeli cemilan di getuk bollen kembali kami melanjutkan perjalanan untuk makan malam di bakmie godhog pak broto..
Berikut koordinat nya..
7° 31.0663 S 110° 11.6631 E
Lebih tepat disebut bakmi godhod sabar menanti hingga perut bebunyi..
Yg mengantri dikit tapi yg dimasak buanyaaaaakkk banjets… Ntah mungkin melayani pesanan lewat lelepon..

20130407-105512.jpg
Bakmie godhog pun tiba.. Rahasia dari bakmie godhog adalah kalau tidak diaduk dan bagian atas mulai mendingin biarkan saja.. Karena panas nya tersimpan dibawah..

Keesokan harinya kami meluncur ke sebuah museum yang mana dimana sebagaimana sehingga merupakan musem yg dikelola secara swasta

20130609-183502.jpg
Ya betul museum ullen sentalu, dimana museum ini ga bole poto2 didalem.. Sayaang bgt meeen..
Jadi yaa isinya beuhhhh
Dari sejarah kerajaan jogja – solo
Ampe filosofi2 tetang kain2 batik sampe puisi2 surat cinta para sultan adaak..
Terletak di daerah kaliurang emang relatif baru museum nya.. Tapi super sangat worthed banget dikunjungin.. Super jawa abis..
Yg menarik dari museum ini adalah ada goa nya meen, masuk ke lorong gitu nanti muncul nya ke ruang pameran.. Keren lah..
Klo hoki lg ga banyak pengunjung ntar diceritain sama mbak2 medhok nya ttg segala filosofi dibalik busana paes ageng ato kain batik, bedanya batik solo dan batik jogja..

20130609-184114.jpg
Suasana di dalem museum cozy bgt..
Please do visit..
Masuk kawasan wisata kaliurang tanya aja museum ullen sentalu dimana pak? Nyampe pasti..

Selesai dari tour panjang di ullen sentalu terasa perut sedikit bergejolak karena lafaar.. Singgahlah kami di raminten..

20130609-184410.jpg
Makanan nya enaak tp ada yg lebih dahsyat.. Ditantang oleh mbak niniik.. “Mas coba abisin”
Dipesenin se galon es kelapa.. Wahahaha
Bukti terlampir

20130609-184617.jpg

Mungkin di poto ga keliatan trlalu besar
Tp plis ke raminten pesen es kelapa galon ini.. Gde banget meen

20130609-184744.jpg
Dan tidak habiiss… Wahahaha sangat banyak porsi org selusin ini si…

Di sebelah raminten kaliurang ada toko souvenir…
Dan mereka menjual..

20130609-184944.jpg

Maknyoosss.. Hahaha

Selesai dari raminten kami, saya, mbak ninik, dan mbak wid bersua sejenak dengan sanak saudara.. Tidak terasa sudah cukup malam.. Maka perut kembali bergejolak layaknya darah abege yg menggebu2..

Kali ini adalah jajanan mahasiswa abis…
Terletak di daerah kridosono,konon mahasiswa yg lg nunggu uang kiriman ortu di akhir bulan banyak menyambangi tmpt makan ini..

20130609-185203.jpg
Ya betul sapi
Bukan daging kambing bukan pula daging ayam.. Ini adalah daging sapi..
Dewa org india kita sembeleh di sini kita makaann…
Bwahahaha yg membuat jajanan ini populer iyalah… Muraah meeenn.. Dan bisa dianter ke mobil.. Wahahaha sepaket dengan teh hangat.. Maknyusss

20130609-185506.jpg
Antara doyan ato laper.. Tapi sekejap mata nasi goreng sudah menempati lambung bagian atas.. Wahahahaha

2 hari di jogja tidak berasa cukup banyak yg dimakan..

Belum semua tmpt wisata di jogja dijabanin dan blm semua kuliner di telan..

Jadi tetap sehat tetap semangat..
Bakal ada jalan2 jogja lg jilid selanjutnya…

Warung makan mak cuik “upik banun”

Kembali lagi bersama saya dengan pembahasan kuliner terkini, dan ternyata yg pernah ada…

Terima kasih jasanya untuk masbroo @johnnykomodo
Karena telah menunjukkan letak potongan surga yg jatuh di tengah gurun rumbai yg gersang

Okeh..
Sebagian orang tidak menyukai mahluk yg satu ini, dia menggeliat2, hidup dia air, ber insang, ber sisik, dan juga ber sirip..
Ya benar mahluk itu adalah jerapah…..
Yaaa ikaan lah..

Oke ada berapa jenis ikan di laut?
Emmm banyak si.. Yaa oke..
Ikan laut yang biasa ada di restoran seafood sepertinya suda umum kita cabik2 daging nya, kita sobek2 sirip nya, kita patahkan tulang nya, kita telan, kita buang mayatnya untuk para kucing…

Naah tapi ada hidangan air tawar yang menggugah lidah..

20130315-163147.jpg

Terletak di ujung jalan sembilang di daerah rumbai pesisir, bangunan biru nan bobrok dan seperti akan rubuh itu niscaya adalah tempat makan para dewa-dewa dimana konon dewa memberikan titah untuk dibuatkan masakan yang akan membawanya kembali ke kahyangan..

Terciptalah masakan para dewa, kita bisa merasakan apa yang dewa makan..

20130315-155410.jpg

Terlihat sangat sederhana, pilihan makanan nya pun tidak terlalu bervariasi.. Namuun ini adalah menu andalan kahyangan yg resepnya bocor ke tangan manusia..

20130315-155615.jpg

Ikan baung gulai hijau… Dimasak dengan menggunakan kayu bakar rasa ikan ini sangat menggoyang lidah, resapan bumbu gulai di dalam daging ikan yang empuk dibalut dengan aroma dedaunan dan tomat hijau yang menjadi satu dengan kepulan asap hangat kuah gulai.. Membuat masakan ini sangat istimewa..
Gigitan pertama beuuhh maknyooss meen.. Sedikit pedes dan asam manis terasa, dipadukan dengan nasi panas.. Meleleh di lidah..
Tidak hanya berhenti disitu ternyata ada hidangan lain yg baru matang

20130315-160558.jpg

Ikan baung asam padeh
Begitulah kira2 nama menunya, yaa intinya ikan asam pedes..
Tidak kalah maknyuss ini rasanya lebih menantang di mulut, bumbu asam pedasnya sangat merasuk kedalam daging ikan baung ini, lazizzzz bin maknyuuzz… Membahana di lidah…
Tidak berhenti sampai disitu, hidangan ini dipersenjatai dengan 2 macam sambal, sambal merah dan sambal hijau yang berkhasiat menambah citarasa dari gulai ikan ini..
Untuk kudapan terdapat ikan pantau goreng kering, berdoa saja anda dtg tepat waktu karena ikan pantau goreng kering ini hanya di produksi dengan jumlah terbatas..

Bagi yang tidak suka ikan namun dipaksa temen2 nya ikut kesini jangan kuatir, ada hidangan udang dan ayam kampung yg tak kalah laziiizzz..

20130315-161716.jpg

Metoda pemasakan yg masih sederhana membuat rasanya menakjubkan…
Sudah ada semenjak 15 tahun yg lalu menunya kaga rubah2 cooyy… Antara emg uda enak bgt sama ga tau mau nambah menu apa, biawak bakar mungkin…

20130315-162205.jpg

Belum sempet tag coordinate nanti klo kesana lagi bakal di posting koordinate nya..

Tetap sehat
Tetap semangat
Bertemu lagi di kuliner selanjutnya

Jangan lupa cuci tangan setelah ganti ban mobil..

Oddy A. Pranidhana

Lontong medan Ulam Sari

sasuai dengan judul nya

Lontong medan bruurrr, lontong yang seharusnya ada di medan kini hadir di pekanbaru memperkaya kulinerisasi di pekanbaru.

 

ceritanya sebulan yang lalu ibu yull (siapa itu ibu yull kita kembali di post lain nya) bilang ke gw “dy ada lontong medan enak di sebrang rumah sakit awal bros” baiklah bu berangkatlah saya dari rumbai menuju pekanbaru dengan daya jelajah 12 kilometer menggunakan sepeda roda 2 dan berbekal sebotol air mineral (aqua), dengan tekad tinggi dan semangat membara goweslah hingga sampai di rumah sakit awal bros, baiklah tinggal puter balik pasti ada di seberang, Fyi lontong tersebut tidak terlihat dari sebrang jalan.. suerr

puter balik lah akhirnya ditelusuri satu demi satu di sebrang rumah sakit itu.. manaa tu lontoong ga ada penampakan nya, frustasi puter lagi sekali lagi.. lap kedua pun gagal tidak berbuah, akhirnya hari itu pulang lah dengan tangan hampa.. keesokan harinya

“mana bu ga nemu lontong nya, udah digusur kali? kena kamtib”

“dikira yg jual bencong emg? hahah engga masi jual ko, namanya resto nya ulam sari, ntar sekalian klo lewat ibu tunjukin”

dan suatu hari ngototlah saya minta tolong tunjukin, dilewatin lah itu jalan yang sama dan ternyatah restoran ulam sari itu terletak di pojokan jalan dan tertutup jalan layaang..

“bu aku uda tawaf kmaren ttp aja ga nemu, orang sauprit gitu resto nya dipojok ketutupan jalan layang”

“hahaha iya dy tapi enak ntar coba kapan2 kesana”

baiklah dengan tekat membara bersepedalah lagi minggu depan nya kesana.. melaju dengan kecepatan maksimum 26km/jam akhirnya sampailah di tujuan..

clingak clinguk ternyata menu disana beragam ada soto edan eh sorry soto medan ada nasi rames ada the infamous Lontong medan… uoogh

tanpa pikir panjang, tanpa langkah panjang, tanpa kacang panjang langsung “kak lontong medan 1 porsi”

hadirlah sepenggal kenikmatan surga yang bocor ke dunia mortal…

photoinilah lontong sayur ulam sari tanpa menyianyiakan waktu langsung saya pinpoint koordinat pastinya supaya tidak tersesat di kemudian hari..

0° 29.9558 N 101° 27.2419 E

bisa di search di google map ato google earth..

makanan ini terdiri dari lontong *yaiyalahyaaa* dan medan…

hahaha no no no

bisa dilihat ada lontong dengan kuah yang cukup kental sekental rasanya yang sedikit menggugah kadar kolesterol.. ditambah dengan irisan cabai merah dan buncis serta sedikit kacang tanah lalu di beri topping rempah keripik ato kerupuk ato apalah itu namanya yang berbahan dasar kentang dan udang dan mana super renyaaahh, dan yang terakhir telur balado, instead of telur rebus biasa yang sudah terlalu mainstream makan di berilah telur balado ini demi menambah rasa pedas yang cukup menyengat..

mungkin ini alasan mengapa belanda menjajah indonesia, karena rempah kentang udang yang sangat renyah dan bercitarasa yang mungkin rudy khoirudin pun akan menganga klo makan ini..

gurih

renyah

kraus kraus

berair, berserat, ber protein, ber citarasa raja…

bukan seperti kerupuk yang melempem kalo kena air rempah kentang udang ini tetap renyah dikunyah bersama dengan lontong, kuah, potongan buncis , dan telur..

nikmat sekali.. sesekali coba lontong medan ulam sari ini jikala berjalan2 ke pekanbaru..

it took me 2 weeks to get the coordinate but it taste heavenly…

 

tetap sehat

tetap semangat

jangan naik ojek malem2 kalo ga mau masuk angin

 

Bakal kembali lagi di segment kuliner selanjutnya

Salam lontong,

Oddy A. Pranidhana

 

 

Kedai chinese food Mastomo

Masih bersama saya Oddy A. Pranidhana
Jadi berawal dari bincang2 singkat dengan pak allen.. (siapa itu pak allen? We get to him later)
“pak makan dimana kita malam ini?”
“mau coba seafood odd?”
“hableh pak allen”
Mengitarilah kita di tengah sore di kota pekanbaru hingga terdampar di sebuah kedai kecil di persimpangan jalan yg tidak cukup lebar alias kecil.. Kedai itu bernama MasTomo
Terletak diantara jalan kenanga dan kemuning,
Here is the exact location
0° 31.9347 N 101° 26.1419 E

20130120-183221.jpg

Nah mastomo ini sesuai namanya dia merantau dari tanah jawa ke sumatera untuk berjualan chinese food.

Yg famous di kedai dia adalah Fuyung hai, ukuran fuyung hai bikinan mas tomo super gedaa berooo.. Cem pizza.. Aslik..
Berikut proses pembikinan nya..

20121118-004403.jpg

20121118-004443.jpg

20121118-004518.jpg
Jadi cara pembuatan nya asisten si mastomo ini meracik apa saja yg dibutuhkan, seperti daging, daun bawang, dan sejenis nya..
Nah mastomo hanya menambahkan sedikit tepung dan 2 buah telur.. Lalu dikocok di dalam mangkok cap ayam jago (cem punya abang2 mie ayam)
Lalu cemplungkan ke dalam minyak panas, dia semacam semi deep fried..
Dan hasilnya

20121118-004803.jpg
Sebenarnya karena saya ga punya objek pembanding mungkin dia terlihat biasa saja, namun jika diperhatikan itu bungkusan adalah bungkusan yg sama kaya buat bungkus sate ato nasi goreng ato ketoprak, ukuran nya ukuran standar SNI (sotoy) ya gitu lah..
Nah si fuyung hai karya mastomo ini diameternya hampir sama dengan lebar bungkusan.. Uwow bukan, dan percayalah itu tebeel men.. Serius gueeh..

Fuyung hai ini sangat2 kaya rasa, dimana kalo di chinese food biasa fuyung hai terkesan lepek, menye2, cem anak manja lah ya ga semangat gitu, sedangkan fuyung hai ini super macho full power extra muscle dan juga garing sehingga renyah saat dikunyah, kuahnya pun tidak tanggung2 satu mangkok cap ayam jago, ketika kuah itu disiram diatas fuyung hai langsung meresap kedalam pori2 nya dan ketika gigitan pertama suara “krenyessshh” itu akan menggugah indra perasa anda ketika dikunyah akan terasa fresh, sungguh nikmat..
Dan dijamin sangat terjangkau..

Jadi ntar kalo suatu saat mencari fuyung hai enak jng lupa mampir tempat mastomo..

20121118-005059.jpg
Incase masi ragu gw kasi satu fakta, jadi anaknya mastomo sekolahnya di international school yg mana dijamin enggak murah.. But mastomo can afford it.. Brarti omset nya doi brp sehari? Uhwow sekali..

Tetap sehat
Tetap semangat
Jangan lupa cuci kaki sebelum masuk masjid..

Salam lapaar,
Oddy A. Pranidhana

Nasi goreng Simpang Nilam

Kembali lagi bersama saya.. Dan masih seputar kuliner pekanbaru..
Kali ini kita akan membahas sebuah kuliner yang sangat terkenal di lidah para manusia indonesia, yang mana hampir semua emak2 di indonesia bisa membuatnya, cocok dimakan untuk sarapan cocok juga untuk makan siang, serta merta cocok untuk makan malam..
Inilah yang kita sebut dengan Nasi goreng.. Apa yg istimewa dari nasi goreng ini? Sebelum nya biarkan saya flashback pada saat saya kuliah dahulu di simpang dago aga keatas dikit ada sebuah kedai nasi goreng terkenal..
We call it NGPC apa itu NGPC?
.
Nasi Goreng Padang Cung!
.
Ya betul nasi goreng merah, bukan hitam.. Di pekanbaru saya menemukan nasi goreng padang ini yg super maknyus berdasarkan rekomendasi seorang teman kantor sebut saja “pak Yudhi”

Nasi goreng ini ramai sekali, menggunakan wajan superbesar untuk memasak nya

20121116-205602.jpg
Hasilnya sangat menakjubkan enyak..
Diatasnya diberi buir bawang goreng, daun bawang, emping dan kerupuk merah khas padang.. Juga disajikan dengan pilihan telur dadar atau telur ceplok..

20121116-205723.jpg
Rasanya luar biasa maknyusss.. Menggeliat di lidah membuat sensasi yg cetaaarr membahanaa..
Disini juga disediakan teh telur

20121116-210121.jpg
walopun tidak se maknyus teh talua yg pertama saya coba, tapi worth the try

Kalau anda ke pekanbaru jangan lupa mampir ke nasi goreng ini..
Terletak di pojokan dekat pasar pusat,

20121116-205923.jpg
Jika anda menemukan spanduk seperti diatas maka anda sudah berada di tempat yg tepat,
Disini juga terkenal akan mie goreng nya yg maknyus namun saya blm coba..

Tetap sehat
Tetap semangaat
Dan tetap bersama saya untuk kuliner selanjut nya..

Salam kenyang,
Oddy A. Pranidhana

Certified warung indomie

Tau gak sih,

Warung indomie di pinggir2 jalan jakarta itu mereka punya sertifikasi khusus untuk legalisasi jualan indomie..
Ya betul indomie cem ini

20121112-091115.jpg

Mungkin juga pegawainya dapet proper training ke garut untuk 3 hari kursus membuat indomie goreng telor kornet yg sesuai standarisasi warung indomie..
But the fact is, mereka dapat jatah mudik sekali di endorse biayanya oleh indomie.. Isnt that awesome?

Kalo ktemu warung indomie, carilah yg certified seperti dibawah ini..

20121112-091422.jpg

Semoga bermanfat.

Salam indomie goreng dobel telor kornet,
Oddy A. Pranidhana

Soto Badendeng

Uyeaah kembali lagi dan masih di seputar pekanbaru, mencoba review tentang makanan yang menggugah selera dan segar serta memuaskan lidah..
.
Tapi mungkin pada bingung kenapa gw tiba2 banyak me review tentang makanan di pulau sumatra ini.. Singkat cerita, gw bakal tinggal di sumatra selama jangka waktu yg agak lama..
.
Kolesterol come to papa! Hahaha
.
.
Sasuai judul, soto badendeng klo diartikan secara harafiah soto berdendeng, yeaa right.. Tapi memang benar adanya ini adalah soto padang dengan imbuhan daging dendeng di dalam nya.. Kita liat penampakan nya..

20121028-152615.jpg
Kekuatan terbesar dari soto ini terdapat pada elemen kuah nya, yg dimana soto betawi itu kan full santan yg biasanya bikin eneg.. Nah soto padang ini kuah nya kuah bening.. Dimana kaldu dendeng yg di celupkan kedalam nya bisa sangat terasa, ya betul yg berwarna hitam itu adalah dendeng, bukan jamur.. Ditambah perkedel dan bihun serta kerupuk merah khas padang akan meng amplify rasa kuah soto itu sendiri.. Mak nyusss..
Dengan kisaran harga yg tidak terlampau mahal, soto ini memang cocok untuk menjadi pilihan makan malam anda.. Soalnya klo makan siang2 panas beut bo.. Disini juga tersedia jus durian, tp berhubung gw ga suka duren.. Jadi ga pesen, hahaha

20121028-153420.jpg
Woke
Kembali lagi di lain waktu.. Dengan rasa dan hidangan yg berbeza tentunya..

Salam lapar,
Oddy A. Pranidhana

Teh talua

Iyess, lama gak nulis blog kyanya uda mulai kaku ni jari2..

Oke mulai dari mana ni, sesuai judul aja ya.. Kali akan membahas kuliner di pelanbaru
Teh talua diambil dari dua kata yaitu teh adalah substansi padat diambil dari sari pucuk daun teh yg sebagaimana diolah jadi warna coklat, ya gitu lah ya..
Dan talua, apa itu talua? Di pekanbaru rumbai dan sekitarnya, yg dimana adalah di pulau sumatra bahasa gaul nya adalah dengan menyisipkan huruf U pada setiap kata nya,
Contoh:
Apa = apua
Marah = maruah
Redang = renduang
Contoh kalimat : macuam manua luah abuang inui! = macam mana abang lah ini!
Nah talua itu berarti tala
Teh tala as in garpu tala.. Hahaha
Bukan bukan, talua itu telor..
So di pekanbaru ini teh telor marak sekali adanya, pada suatu ketika di malam yg sedikit sunyi pergilah sayua mencari minuman malam..
Bertemulah dengan segelas cairan aneh ini..

20121024-190335.jpg
Yes, ini adalah teh telur,
Dimana di paling dasar adalah susu kental manis, ditengah nya adalah teh kental dan di paling atas adalah kocokan telur segar langsung dari pantat ayam.. Nah apakah andil dari jeruk nipis itu? Itu adalah penetralisir rasa amis telur, macam minum tequila.. Hanya saja ini lebih ber protein..
Cara minum nya pun unik, pertama peras jeruk nipis hingga tetes terakhir, dan jangan diaduk.. Lalu masukkan sedotan hingga batas antara teh dan telur.. Sedot perlahan, sensasi teh telur dan jeruk nipis akan sangat terasa.. Pait asam dan kental… Maknyus… Lalu dorong sedotan hingga menyentuh susu, aduk sedikit lalu sruput lagi.. Akan terasa sensasi yg berbeza.. Manis pait asem dan telur.. Wuogh.. Sebagian besar org pekanbaru lebih senang menyeruput buih telurnya dahulu, tp trgantung selera..
Klo ane ma sruput sedikit demi sedikit tanpa di aduk trlalu lebay.. Kalau gelas sudah 3/4 baru aduk habis.. Maknyooss gaan..
Eco tenan..
Teh talua ini saya coba di bilangan jalan tambusai.. Di sebelah toko bangunan super besar sebut saja global, si seberang steak n shake (warung steak)

Okay sekian posting pendek tentang teh telur..

Tetap sehat
Tetap semangat
Jangan lupa gosok gigi sebelum tidur,

Salam,
Oddy A. Pranidhana

Travel Makassar – Toraja

antara mau update pake bahasa inggris ato bahasa indonesia,

diputuskan bahasa indonesia sajah..ehehe

.

.

berawal dari sebuah lagu berjudul “lagu melayu” yg dialunkan oleh @pandji pragiwaksono..

klo sempet lo pada bisa download di web nya pandji download yg lagu melayu, disitu dia cerita tentang gimana Indonesia yang begitu keren tapi lo pada lebih suka ke singapore atau malaysia atau negara2 laen..

.

edisi posting kali ini menunjukkan bagaimana lo bisa menghargai keindahan indonesia, tsaaahh gaya bener yak.. bilang aja turis lokal belum mampu jalan2 ke luar negri.. hahaha

ya untuk alesan nya gw bakal beberkan beberapa ke kerenan makassar dan Toraja

trip gw 5 hari 4 malam berangkat kamis jam 11 pagi menuju makassar, dan tiba pukul stengah 3 sore dimana terdapat perbedaan waktu 1 jam antara makassar dan jakarta

,

bused makassar panaas boiiyy.. kecoo.. berawal dari niat jalan2 berakhir dengan ngaso di kamar hotel.. hahahaha

di perjalanan menuju hotel dari bandara, yg dimana memakan argo sekitar 90rb jika menggunakan taksi biasa, dan gw memilih pake mobil hotel diamana malah jadi 150rb,,

^pelajaran pertama sampe makassar, jng pesen mobil hotel, naik taksi aja^

di jemput menggunakan mobil kijang innova dengan kaca super gelap, cem mau mesum.. kacanya 80% lebih kali tu.. mulai lah bertanya2 dengan pak supir

me: “pak kenapa kacanya gelap”

sopir: “biar ga panas dek*cailah dipanggil dek* kan makassar panas”

me: “oh yaya,tamu hotelnya kebanyakan orang mana pak? papua ada?”

sopir: “ada dek”

nah diperjalanan kami melewati namanya Jl.Nusantara dimana orang lokal bilang Jl.kenikmatan, karena sepanjang jalan isinya pub dan karoke, mulailah cerita si supir

sopir: ” kapan itu saya bawa tamu dari papua, dia minta dicarikan cewe, carikan lah sama saya. pas ketemu ibunya (baca: penyedia wanita) dia bilang ”

ibunya: “wah sisa yang paling jeleknya aja ini gimana?”

sopir: “yasudah tak apalah saya angkut, bawalah ke tamu papua,begitu sampai ditepuknya pundak saya keras..”

tamu papua: “BAH cantik kalipun kau bawakan aku ni, cepat suru masuklah”

bwahahahahah ngakak seada2nya sopir geblek..

sampe hotel cari makan dulu di lae-lae (sebuah restoran seafood di dekat pantai losari)

dengan sotoy nya pesen telor ikan..

dan yg keluar adalah

semacam otak sapi namun terdiri dari semacam ikan yang diamana semacam belum sempurna.. ahaha apaa deh..

ya pokonya itu pesanan yang salah.. ahahaha

^pelajaran kedua, jangan pesen menu seperti diatas^

tapi sambalnya boleh dicoba yang ada tomat ijonya.. muaknyoossss.. enyaakk

berikut penampakan nya

yang paling kiri, walopun gambarnya blur, tapi rasanya jamin ga ngeblurr, muaknyoss gan

.

hari pertama ditutup dengan tidur nyenyak karena besokan nya berangkat pagi,, ahehehe

keesokan harinya berangkat lah pagi2 menuju toraja dengan semangat.. di perjalanan menyusuri pantai barat sulawesi, akhirnya rehat sejenak menikmati keindahan pantai

begitulah kira2 foto pantai barat sulawesi, perjalanan berlnjut dengan mengendarai kijang innova merah meriah euy,

menuju toraja jalanan berliku semacam di puncak, kami dibuat terpana oleh driver kami.. ya saya bersama dengan 3 orang lagi yang mengikuti tour yang sama.. nama driver kami pak anca driving skill nya diatas rata2 manuasia biasa.. dia superhuman,,, perjalanan 8 jam makassar – toraja hanya menghabiskan seperempat botol aqua kecil.. kecepatan nya pun tidak kurang dari 60kmh di rute makassar – toraja dan lebih parahnya lagi dajalan mananjak dan manurung sempet2 nya ngerem pake handbrake.. super sekali pak anca, dia descendant dari dewa supir himself mungkin.. sembaah sujuudd..

sebelum sampai toraja sempat mampir di Gunung nona

kenapa disebut gunung nona? bukan gunung abah, gunung enyak, gunung eyang kakung? karenaa.. coba perhatikan bentuk konstruksi bukit2 paling kanan dari gambar di atas, konon katanya bentuknya menyerupai alat kelam*n wanita.. oleh karenanya disebut gunung nona..yaa begitulah,, woi jangan bayangin macem2 kalee..

melanjutkan perjalanan akhirnya sampai di toraja sudah hampir malam, kami menginap di Toraja Heritage Hotel.. jalan masuknya amat sangat tidak meyakinkan.. macem mau diculik.. tapi ternyata hotelnya guedee coiy.. dan gak ada AC nya.. hahaha cuma kipas angin.. tapi dingiin bgt.. semacam di puncak gitu udaranya..

besokan nya jalan ke beberapa kuburan

jadi disana saya menemukan ada 3 jenis kuburan.. yang pertama ialah kuburan gantung dimana peti2 mati di taruh diatas bukit dan di geletakin aja gitu di pinggir2 tebing, dan emang ga bau sih, tapi horror juga klo kesana sendirian.. hiii

yg kedua di dalem goa, bah ini super horror, untung masuk nya rame2 klo ga maaakk, gak kuku.. ada yang meninggal nya taun 2010 dan peti matinya dibuka aja gitu… super horror mameenn.. ada tengkorak sepasang kekasih yang konon katanya karena tidak direstui menikah oleh kedua orang tua mreka gantung diri di depan rumah berdua.. maakkk… ngeri kaliii..

nah yang ketiga agak lumayan tidak horror, karena cara penguburan mereka lumayan normal lah, jadi mahat batu ampe bolong 3 meter ke dalem trus peti matinya di masukin dan di depan nya di kasi pintu *cem tu mayat mo keluar aje* ya gitulah pokonya.. jadi lumayan mengobati kehorroran dari sebelum2 nya..

orang toraja tajir2 meen.. jadi yah pas kmaren gw kesana ada yang baru pesta penguburan dan ternyata pestanya abis 700 juta sajahh..uwoow banget gak si? disana kebo yang mata ato badan nya belang, mreka bilang kebo Bonga harganya bisa 270 juta saja seekor, macam manaa kebo bisa mahal gitu,, bisa beli innovaa guee…

dan mereka sekali pemakaman ga nyembelih cuma 2 kebo,, bisa diliat buktinya nih..

lo itung dah tu tanduk ada brape.. mereka percaya klo mau ke alam arwah kudu naek kebo, dan semakin banyak kebonya semakin cepet.. tanduk kebo yg disembeleh dipajang di rumah mereka, nama rumah mreka Tongkonan

pemerintah toraja ga narik pajak kalo ada yang mau bikin rumah tongkonang, jadi mo bikin berapa aja teserah,, ga ada PBB nya.. tapii asal lo tau rumah tongkonang itu satunya harganya minimal 200 juta.. dan dalam satu komplek keluarga ada 4 rumah tongkonang,, equal 800 juta.. dan di depan rumah mereka dibangun semacam lumbung padi dengan minimal harga 60 juta, dimana dalam satu komplek keluarga ada minimal 4 lumbung padi yang mana sekitar 240 juta.. jadii orang toraja tajiir tajiirr… kecoo..

yah begitulah toraja dengan segala ketajiran nya.. hahaha

oiya dan satu lagi.. cewe toraja cantik2 cuy.. seriusan gw.. walopun No pic = hoax tapi gw brani jamin.. mereka cantik2..

sekian laporan dari toraja,,,

hari minggu kembali ke makassar, dan akan menghabiskan hari senin di makassar menjelajah,,

berhubung punya kenalan orang makassar maka di beritahulah untuk menjajal Konro Karreeebosssiiii..

dimana daging konronya gedee bangeett.. enormous

mungkin anda bertanya2 kenapa kualitas gambarnya jadi menurun? dikarenakan ini motonya pake hape, untuk jelasnya nya menggunakan blackberry bold 9000, hape tercanggih di jaman nya.. hahaha

ya itu dia konro karebosi..

abis dari konro karebosi disarankan berbelanja oleh2 di toko ujung, karena emang tokonya di ujung dan itu jauh dari hotel dan bego nya gw jalan dari hotel kesitu.. hahaha

haisshh ya pokonya gitu perjalanan gw di makassar dan toraja..

mungkin ini post terpanjang yang pernah gw buat..

hahay

sampai bertemu di trip selanjutnya..

tetap semangat

.

.

.

Best Regards

Oddy A Pranidhana